Rekomendasi 5 Platform Digital Marketing untuk Bisnis Semakin Sukses

07/27/2023

5 Platform Digital Marketing

Herodigital.id – Dalam era digital saat ini, pemasaran secara konvensional terasa lebih efektif bila dilakukan secara modern. Platform-platform digital pun telah bertranformasi menjadi sarana bagi para pemasar untuk bisa berinteraksi dengan audiens, membangun merek dan membuah hasil pemasaran secara maksimal.

Pengertian Platform Digital Marketing

Platform digital marketing merupakan alat dan media yang digunakan untuk mengembangkan, menjalankan, mengelola kampanye pemasaran secara online. Platform digital ini mencangkup sosial media, situs web, mesin pencari hingga email.

Platform-platform ini berfungsi sebagai jembatan antara merek dan konsumen di dunia digital, memungkinkan pemasar untuk menjangkau audiens dengan lebih luas dan efektif.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajah berbagai platform digital marketing juga terkait wawasan di masing-masing platform tersebut.

Bagi para pemasar, sangat penting untuk memilih platform yang sesuai dengan bisnis kamu. Ini dengan mempertimbangkan karakteristik platform tersebut, target audiens dan tujuan pemasaran.

Platform-platform ini berfungsi sebagai jembatan antara merek dan konsumen di dunia digital, memungkinkan pemasar untuk menjangkau audiens dengan lebih luas dan efektif.

Dengan menggunakan pendekatan itu saja, kamu dapat mencapai tujuan bisnis secara lebih efektif di era digital saat ini.

Contoh Platform Digital Marketing

Berikut ini ada 5 platform digital marketing yang paling efektif dalam membantu kesuksesan bisnismu, antara lain:

Instagram

Instagram merupakan platform media marketing yang cocok untuk merek dengan fokus visual, Instagram memungkinkan kamu berbagi gambar dan video berkualitas tinggi, serta berinteraksi melalui Stories dan IGTV. Dengan bekerja sama dengan influencer yang relevan, kamu dapat mencapai audiens yang sudah ada dan membangun kepercayaan lebih cepat.

Meskipun tidak dapat menautkan langsung dari setiap unggahan, kamu dapat menambahkan tautan pada kisah (stories) dan dalam bagian bio profil akun bisnismy. Ini memudahkan pengguna untuk mengakses situs web atau halaman produk tertentu.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan Instagram Shopping, bisnis dapat menandai produk dalam unggahan mereka, memungkinkan pengguna untuk langsung membeli produk tersebut tanpa meninggalkan aplikasi.

Website

Selanjutnya, membuat blog di situs web WordPress dapat menjadi sarana bisnismu dalam mempromosikannya secara online. Dengan memiliki situs web yang dioptimalkan untuk mesin pencari, penggunaan SEO dan SEM untuk bisnis juga bisa meningkatkan peringkat di hasil pencarian Google, meningkatkan visibilitas, dan mendatangkan lalu lintas organik.

Facebook

Facebook menjadi salah satu platform digital marketing yang kuat dengan beragam fitur dan potensi untuk membantu bisnis dalam membangun merek, berinteraksi dengan pelanggan, dan meningkatkan hasil pemasaran secara keseluruhan.

Facebook yang menyediakan berbagai format iklan, seperti iklan gambar, iklan video, iklan di halaman beranda, iklan di kolom berita, serta iklan dalam bentuk kisah (stories) ini dapat kamu manfaatkan dan pilih sesuai dengan tujuan pemasaran bisnismu.

Dengan lebih dari 2 miliar pengguna aktif bulanan, Facebook memiliki pangsa pasar yang sangat besar. Ini memungkinkan bisnis kamu untuk dijangkau beragam audiens di berbagai wilayah dan demografi.

E-Commerce

E-commerce menjadi salah satu platform digital marketing yang paling efektif untuk mencapai kesuksesan bisnis. Ini karena e-commerce dapat menjangkau pelanggan di seluruh dunia tanpa batasan geografis. Platform ini membuka peluang untuk pertumbuhan skala internasional dan memperluas pangsa pasar.

Platform digital marketing ini juga sangat efektif karena toko online dapat diakses oleh pelanggan kapan saja, 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Ini memberikan kenyamanan bagi pelanggan untuk berbelanja sesuai jadwal mereka sendiri.

Kelebihan lainnya berupa biaya operasional yang cenderung hemat biaya dibandingkan dengan toko fisik. Selain itu, transaksi di e-commerce dilakukan secara online dengan cepat dan efisien, mengurangi kerumitan dan waktu yang dibutuhkan dalam transaksi fisik.

TikTok

TikTok juga tumbuh menjadi salah satu platform digital marketing yang menarik dan berpotensi bagi kesuksesan bisnis. Terlebih kalau kamu punya target audiens generasi muda, platform ini memang banyak digandrungi para milenial dan Generasi Z.

Format Konten di TikTok yang dibatasi menjadi video singkat dengan durasi 15 hingga 60 detik. Ini akan mendorong kreativitas untuk bisa menyampaikan pesan bisnis dalam waktu singkat tersebut.

Fitur TikTok live juga bisa kamu jadikan media untuk promosi dan berjualan produk bisnismu loh! Para audiens juga bisa berinteraksi langsung dengan kamu lewat kolom komentar, ini memungkinkanmu untuk bisa menjual produk sebanyak mungkin. Terlebih jika memang produk yang kamu miliki menarik.

Nah, itulah 5 platform digital marketing yang bisa membantu bisnismu semakin sukses. Kalau kamu punya pertanyaan dan ingin membuat bisnis yang semakin sukses, jangan ragu untuk bertanya pada herodigital.id ya!

Artikel yang cocok buat Kamu

Bagaimana Cara Meningkatkan Trafik di Portal Berita

Bagaimana Cara Meningkatkan Trafik di Portal Berita

Meningkatkan lalu lintas pengguna (trafik) di portal website otomotif melibatkan sejumlah strategi pemasaran digital dan pengoptimalan situs web. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda pertimbangkan: 1. Optimalkan SEO Pastikan konten Anda relevan dan...

SEO Vs. PPC: Penjelasan Lebih Lengkap

SEO Vs. PPC: Penjelasan Lebih Lengkap

Herodigital.id - Dalam dunia digital marketing, dua strategi utama yang sering dibahas dan diperdebatkan adalah SEO Vs. PPC. Meskipun keduanya bertujuan untuk meningkatkan visibilitas online, mereka memiliki pendekatan yang berbeda dan keunggulan masing-masing....